[topic/reply keyphrase]
  tingjing 2013
halo semuanya...
saya rencana mau tingjing nih tahun depan (2013) masih lama sih...
tp pengen banget tau apa aja yang perlu di siapin di acara tingjing selengkap mungkin...
bisa mulai dari perhiasannya, tata caranya, sampai isi2 kue2 lamaran yg sebagai hantaran cowok ke cewek-balasan-sama yg di kirim ke keluarga2..mohon bantuannya ya
tq :D

by irnanataliawitama, posted on Jun, 12 (16:46)
halo sis.
hohoho
tingjingnya taun depan ya?
iya sis, tingjing tuh ga se simple apa yg kita bayangin loo :O
ak aj waktu lalu mau tingjing trus hunting2 n agak shock sih yaa ternyata lumayan ribet juga.
hehehe

kalo buat tata cara nya itu tergantung sih sis,
adat sis n keluarga calon kayak gimana.
lamaran sendiri itu ada 2 macem sis,
ada yg namanya tingjing ada yg namanya tingfen.
kalo memang sis milih tingjing, berarti itu cuma pasang kalung n makan2 serta ngomongin pernikahan. tentunya juga dgn bawa seserahannya

kalo yg tingfen, itu bisa juga diartiin sebagai tuker cincin.
jadi udah lebih dalem pengiketannya.

ada juga keluarga yg biasanya tingjing dulu beberapa bulan sebelum hari H trus seminggu sebelum hari H mereka tingfen gitu sis.

nah sis yg mana?
hohoho.
ayo share sis :D


by JBjb, posted on Jun, 15 (09:03)
aq sih yg tinjing sis..
kira2 itu hantarannya apa aja?
acaranya sedetail mgkn juga gmn ya?
iya nih, setelah di pikir kok jd ribet banget, malah jd bingung juga
haha
mgkn sis bisa membantu

tengkiu :)

by irnanataliawitama, posted on Jun, 16 (09:43)
hantaran itu biasanya ada 8 baki sis.
isi tiap baki kalo aku) itu kue2 yg dari kemenangan.
karena ak ambil adat simple.
6 bakiberisi kue dari kemenangan sedangkan 2 lg itu buah apel merah n jeruk.

buat acara. yg paling pertama itu adalah keluarga si cewek menunggu di resto atau di rumah, nah si cewek ini disembunyiin dulu di dalem bersama sepasang pasangan orang tua atau yg dituakan. biasanya sih bukan oratu sendiri, soalnya ortu nya kan nyambut calon besan. atau bisa juga kalo sis punya tante atau oom dia yg nyambut n ortu sis yg nemenin sis.

si cowok pun yg masuk dalam urutan paling terakhir bersama ortu nya.
karena yg pertama masuk itu adalah 8 orang yg membawa baki itu.
pihak si cewek yg bakal menerima baki bersiap di depan untuk menerima baki tsb.
(biasanya yg nerima n ngasih baki itu cew2 ato cow yg belon merid sis. n biasanya juga tinggi nya sepantaran)
kemudian baki diserahkan pada pihak si cewek satu persatu.
biasanya juga ada urutannya sis, 6 kue itu bisa diacak tapi klo buah biasanya di taruh terakhir...

lanjuddd...

by JBjb, posted on Jun, 16 (15:45)
nah sekarang setelah diserahkan, ak nanya dulu. sis ini tingjing di rumah apa di resto? hehehehe.
ntr kalo ak jelasin pjg lebar yg di resto malah sis di rumah.
gedubrak! hehehehe.

intinya yg sama adalah setelah semua baki diserahkan k pihak cewek, pihak penerima itu naruh di satu meja panjang yg sudah disediakan. maksudnya tuh kue2 n buah dipajang buat poto2 gituh sis :D
hehehehe.

by JBjb, posted on Jun, 16 (15:52)
setelah kupikir2 lebih baik tak jelasin kabeh deh.
biar yg laen juga tau.
soalnya dulu pas ak nyari tata cara tingjingnya di internet, ga nemu2, susah bgt!
hehehe

ini buat yg di rumah.

biasanya *again* hehehe,
rumah bagian tengah atau bagian terbesar dibuat selebar mungkin.
di bagian depan ada meja panjang yg tadi ak sebutin.
setelah semua baki ditaruh, si cowok n ortu nya akan masuk dan berjalan k meja panjang itu n berdiri di belakangnya. ceritanya menunggu si cewek ini keluar.
setelah dapet komando, si cewek n pendamping keluar.
si cewek ini keluar dengan diapit orang yg dituakan tsb.
jd cew ny di tengah.
maju jalan ke meja depan dan nyamperin si cow.
setelah itu kedua dipertemukan *ketemuinnya biasa aja muka sama muka tapi bisa juga divariasi sih hehehehe*

setelah dipertemukan biasanya hal pertama itu cipika cipiki atau si cew menunduk kayak ngelebarin rok tanda hormat sama si cow n keluarga si cow.
si cow membalas dengan membungkukkan badannya.
itu bisa jadi pilihan :D

setelah itu, kedua keluarga tetap berdiri di depan.
ada yg biasa dimulai dengan doa, atauu bisa juga dimulai dengan sambutan dr pihak ortu cew n cow. atau juga pihak diluar keluarga yg dituakan. mungkin siapaaa gitu.. hehehe

setelah itu lanjutannya sama dengan yg di resto,
next episode yaa :D

by JBjb, posted on Jun, 16 (16:01)
setelah kupikir2, sepertinya yg di rumah n di resto sama sis.
hehehehe..
*lg error maap plin plan* hehehehe


setelah itu dilanjutkan dengan pemasangan kalung dr pihak cow sebagai tanda pengikat.
ada dua cara yg bisa dipilih.
pertama, si cow yg makein kalung ke si cew dgn sang mama membantu.
atau yg kedua, mamanya si cow yg makein kalung ke si cew.
atau juga papa mama nya si cow yg makein kalung ke si cew. nah bisa dipilih sesuka hati deh tuh ;)

setelah makein kalung, biasanya cipika cipiki lagi tuh. hehehehe.
setelah itu dilanjutkan dengan upacara teh.
pertama sih biasanya dr papa mama nya yg cow.
tata cara nya si pap mam ini di suruh duduk,
terus ada orang lain yg nganterin dua gelas teh *gelas kecil yaa jangan gelas bir, kelempokan ntar* hehehe
teh itu bisa dicampur dengan angciu ataupun enggak.

kalo yg pertama itu adalah papa mama nya yg cow, berarti yg ngambil teh itu si cew.
si cew ini lalu ngasih in teh ini ke pap mam nya cow sambil manggil
"papa mama"
lalu dilanjutkan dengan kebalikannya.

upacara teh ini dimaksudkan bahwa si cew n cow pertama kali memanggil mertua mereka masing2 dengan sebutan papa n mama.
gitu sis.

setelah upacara itu selesai maka bisa dilanjutkan dengan makan2 dulu
*kan lapeer juga sis* hehehehe

by JBjb, posted on Jun, 16 (16:31)
setelah selesai makan2,
ada 2 kemungkinan acara.
kalo yg di baki itu sis kayak yg tak bilang, kue2 nya kemenangan,
maka yg muda2 ato yg tadi nerima n ngasihin bagi saatnya untuk memasukkan kue2 itu ke tas2nya masing2.
tiap2 tas diisi 6 kue n 2 buah.
bisa tas bisa juga kotak kok, itu terserah sis.

atau... kalo sis udah nempatin kue2 itu di rumah
*jadi ke resto nya atau di rumah itu udah dalam bentuk tas yg di tata di baki*
acara ini ditiadakan tapi langsung di lanjut dengan acara si cow mengantarkan si cew ke satu persatu anggota keluarga yg dituakan dan seolah mengajarinya untuk memanggil beliau2 ini dengan panggilan yg benar.
lalu dilanjutkan dengan kebalikannya.

setelah acara itu selesai,
yaudah deh.. tberarti kalian udah resmi tingjing
\(^0^)/ yeyy! hehehe



oya untuk balasan ke pihak cow,
itu sih baru ada kalo di adat ketat.
biasanya ribet balesannya n ak ga tau. hohho
ini yg tak jelasin adat simple nya. yg biasa dipake sama orang2. hohoho
kalo di adat simple sih ga ada alasan untuk yg cow, karena kan si cew udah nyiapin makanan n dll nya untuk penyambutan si cow.
tapiii.... jangan lupa isi tiap baki itu dibagi 2 semua, setengah buat si cow n setengah buat si cew.
gitu sis :D


tangan udah keriting nih,
udah jelas kan yaa? ehehehe :D
semoga bisa membantu :DDD

by JBjb, posted on Jun, 16 (16:38)
weeeww... paanjaaaaaaaang banget critanya yaa... hehehhe :D
tapi bermanfaat banget kok buat kita2 yg mau tingjing...

lha truss ntar km gak ada kasi balesan nya buat pihak si cowok ta??

waaah kayaknya dirimu uda siap nih utk tingjing yaa??
gimana uda komplit smua persiapan tingjingnya?

God Bless U ^^


by anitawijaya, posted on Jun, 16 (23:25)
iya nih.. maap ya jadi buat pusing bacanya :D

enggak sih,
ak juga nanya ke pihak cow, perlu ak kasih balesan apa?
katanya ga usah...
kan kalo tingjing itu tanda si cow ngiket si cew. hehehehe

ya.. dibilang siap mah, siap gak siap deh.. hehehe :P
dibilang komplit juga belum semua nih sis,
tinggal kue2 nya dikirim dr sby k dps.
sama perlengkapan lainnya juga gitu.
soalnya rata2 ambil dr sby semua,
di dps sulit nyari bahan buat tingjingan.
kalo ada pun mahal :D

sis udah mulai nyiapin tingjingnya tah? :D

GBU too^^

by JBjb, posted on Jun, 17 (09:21)
iya sis, puanjang dan sangat bermanfaat dan skr aq mulai mengerti bgmn prosesi dari awal hingga akhir dr acara tingjing...sangat2 membantu,,,thx too JB jb^^

by irnanataliawitama, posted on Jun, 17 (14:40)
Page : 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 » last

DISCUSSION CITIES
Forum JAKARTA+
Forum BANDUNG+
Forum SURABAYA+
Forum BALI+
Forum UMUM
Forum SEMARANG+