[topic/reply keyphrase]
  pernikahan ekomune untuk yang kristen-katolik
hallo smua..salam kenal..

q pingin share aja,,
mungkin ada kasusnya yg seperti q :)

[b]pernikahan ekomune:pernikahan yang ibadahnya bisa dilangsungkan oleh ke 2 agama yaitu,,kristen dan katolik dengan tata cara ibadah masing".romo&pendeta atau sebaliknya berada pada 1 altar yang nantinya akan memberkati calon pengantin secara bergantian dalam ibadah.dengan catatan gerejanya masuk dlm daftar PGI(PERSEKUTUAN GEREJA" DI INDONESIA)[/b]

kebetulan calon suami q agamanya kristen,,
n q sendiri agamanya katolik
ke 2 agama ini bisa melangsungkan pernikahan tetap dengan tata cara agamanya masing"..
memang agak ribet,,
karna harus ikut bina pranikah di kristen n di katolik :)
jadi nanti waktu acara di gereja..terserah mau di gereja katolik..klo di katolik ya pendeta yg datang..
atau gereja kristen..klo di gereja kristen ya romo yg datang..
jelas nanti di selang-seling..maksudnya..romo bergantian membawakan tata cara ibadah berdampingan dengan pendeta dan begitu sebaliknya..
biasanya pernikahan ekomune ini bisa dilangsungkan oleh gereja" yg masuk dalam daftar [b]PGI(PERSEKUTUAN GEREJA" DI INDONESIA)[/b]
misal:GKI,HKBP,GKJW,GBI,dll..

smoga membantu :D


by vhey, posted on Jan, 6 (21:34)
thanks buat infonya...

oh ya, ini upacaranya sakramen pernikahan (misa) atau bukan ya ?

by satucinta, posted on Mar, 30 (11:21)
ya ini sakramen pernikahan..
klo mau di lakukan di gereja katolik ya ibadahnya misa..seperti sakramen pernikahan pada umumnya..bedanya hanya qt melakukan misa ini dengan tata cara agama kristen dan katolik karena kita diberkati oleh 2 pemuka agama masing"...

senang bs membantu :D

by vhey, posted on Mar, 30 (15:56)
Ini problem yg lagi kualami sis..Udah konsultasi sana sini..katanya sih ga gampang nemuin pemimpin katolik yg mau dateng ke tempat gereja kristen dan sebaliknya..Aq ga tau juga alasannya kenapa...Kalo udah ada masalah seperti itu..katanya sih solusi satu2nya salah satu pihak pengantin ada yg harus ngalah and bikin surat pernyataan ingin dinikahkan secara apa...Surat itu bisa diketahui oleh wali pernikahan/saksi semisal ortu/kakak dsb..

Katanya sih kalo udah ada surat itu..tinggal ngasihin surat baptis dan kelengkapan lainnya..trus udah bisa dinikahkan...kira2 bener ga ya saran itu???

by YustitiKrisnaEkaPutri, posted on Jul, 27 (23:39)
memangnya boleh ya sekarang pernikahan kristen-katolik menggunakan tata cara seperti itu?

aku menikah oct 2009, suamiku kristen. pemberkatan nikah di gereja katolik & misa, tanpa ada pendeta, hanya dipimpin oleh romo.

waktu ikut KPP (kursus persiapan pernikahan) di gereja Asisi Tebet, dijelaskan kalau dalam Katolik itu hanya boleh menikah di gereja Katolik, tidak bisa di gereja lain. kalau sampai menikah di gereja luar gereja Katolik, pernikahannya itu tidak diakui oleh hukum gereja Katolik.

aku lupa waktu itu itu romo siapa yg ngajar KPP, nanti deh ubek2 dulu arsipnya.

kadang ada romo yg strict lho, pemberkatan nikah kristen-katolik, romonya ngga mau perayaan ekaristi, hanya pemberkatan aja. waktu itu aku pastiin ke romonya kalau akan ada perayaan ekaristi dan beliau bilang iya.

by IreneJohannaHenuhili<, posted on Aug, 17 (18:06)
Tahun lalu ak pernah tu, nyanyi di nikahan orang dengan tata cara campur.

Jadi, acaranya di Gereja Katolik, dan format acaranya tetep misa pernikahan seperti yang ada biasa di Gereja Katolik. Bedanya, ada Pendeta yang hadir di Gereja jg, dan duduk berdampingan dengan Romo di belakang altar.

Nah yang membawakan kotbah saat itu adalah Pendeta. Kemudian waktu pemberkatan pengantin, yang mengangkat tangan ke atas kepala kedua pengantin tidak hanya Romo(Pastor), tetapi juga Pendeta.
Selebihnya, untuk doa pembuka, penutup, doa Syukur Agung, dkk, tetap dibawakan oleh Romo seperti biasa. Waktu mohon doa ke Bunda Maria pun, hanya pengantin yang Katolik aja (wanita) yang berlutut dan berdoa, sedangkan sang pengantin pria berdiri menunggu di belakangnya.

Lagu-lagu yang dipilih pun lagu yang biasa dinyanyikan n dikenal oleh kedua belah pihak (Kristen & Katolik).

by DesyPrimaningtyas, posted on Sep, 27 (12:51)
halo salam kenal,
hehe sama nih kasusnya.. aku akan menikah nanti agustus 2012
kebetulan, aku beragama kristen dan cami ku katolik..

pernikahan memang akan di selenggarakan oleh pastur n pendeta di gereja kristen scara oikumene

nah yang aku mau tanya, yg kotbah itu pastur atau pendeta, atau pas diberkatin, si pendeta aja atau pastur yang memberkati? atau 2-2nya?

apakah dengan pastur ada di gereja kristen, pernikahan kami n status anggota katolik cami ku tetep sah? dalam arti ga usah di berkatin ulang kan sperti yg aku browsing..

terus, untuk bina pranikah.. aku nih masi awam kalo untuk mengetahui bina pranikah di katolik. kalo menurut browsing2 di internet, dari pihak non katolik harus menanda tangani surat pernjanjian anak diharuskan dididik secara katolik, benarkah?takut salah soal ini..

cami dan aku memang masi awam banget si soal ini..
ada yg pernah mengalami seperti aku tidak? butuh saran banyak hehe..thanks a lot yah sista...



by feny, posted on Feb, 21 (10:45)
Hi feny salam kenal,

Aku dulu merit scr katolik. aku kristen , suami katolik.kalo km mau merit scr oikumene itu akan lbh baik krn yg aku tau kt ga harus ttd surat perjanjian anak hrus dididik scr katolik. kalo dulu aku belom tau byk ttg oikumene jadinya ga keburu cari tau .


by evawiguna, posted on Feb, 21 (15:38)
halo eva...
thanks yah buat infonya...^^

by feny, posted on Feb, 22 (02:25)
hai sista salam kenal..

kebetulan temenku ada yg menikah beda gereja (kristen dan katolik).
sebetulnya dalam gereja katolik diperbolehkan utk menikah dengan agama lain, dengan ijin / dispensasi dari keuskupan. nah spt yg mbak eva bilang salah satu syarat dispensasi tsb adalah anak2 harus di didik secara katolik. Nantinya pemberkatan akan dlakukan oleh pastor /pendeta atau oleh keduanya.

kira2 begitu sih yang aku tau..

by Melda, posted on Feb, 24 (23:07)
yupe bener kata sis Bunchz, aku katolik n suami kristen. jd pas kanonik, suami tanda tangan surat pernyataan bahwa nanti anak2 akan di didik secara katolik. ditandatangani saksi pas kanonik jg (2 saksi) dr pihak suami.




by VincentiaOnne, posted on Mar, 7 (15:42)
Page : 1 | 2

DISCUSSION CITIES
Forum JAKARTA+
Forum BANDUNG+
Forum SURABAYA+
Forum BALI+
Forum UMUM
Forum SEMARANG+