[topic/reply keyphrase]
  mengurus surat N1, N2, N4 & PM 1 sendiri
Halo all capengs,
just want to share nih..
Saya akan menikah bulan Desember depan, dan sekarang lagi mulai ngurus surat-surat. Jujur aja kemaren sempet ketar ketir, karena waktu googling saya tidak mendapat informasi yang cukup membesarkan hati.
Misalnya, dipersulit di kelurahan, dimintai ongkos `administrasi` yang cukup besar, dsb.
Beberapa orang menyarankan agar saya minta orang aja yang ngurusin, saya tahu beres gitu. Tapi karena udah terbiasa ngurus surat2 sendiri, mulai dari KTP, paspor, plus juga pelit, hehehe, sekaligus biar pengalaman, saya pun menolak saran tersebut.
Surat pengantar dari RT/RW saya berhasil dapatkan dalam waktu kurang dari 3 jam saja :) Mungkin karena Pak RT nya juga kenal sama saya, dan emang orangnya baik juga, hehehe.
Berkas yang diminta di tingkat RT/RW:
1. Fotokopi KTP saya
2. Fotokopi KK saya
3. Nama lengkap saya dan orang tua + nama lengkap calon + orang tua

Hasil googling menyarankan saya ke kelurahan dengan membawa surat pengantar RT/RW + fotokopi KTP&KK saya PLUS fotokopi KTP&KK calon. Tapi Pak RT saya justru menyuruh saya bawa surat pengantar plus berkas2 saya itu aja.
Jadi dengan modal nekat hari ini saya menyambangi kelurahan, dan tadaaa... surat N1, N2, N4 & PM 1 keluar kurang dari setengah jam! Pake acara diajak ngobrol dan dikasih wejangan lagi sama Pak Lurahnya, hehehe.
Saya dimintai biaya 50rb (itu plus uang sumbang-paksa PMI senilai 10rb - sebel banget!).
so, itulah sharing saya, moga2 bisa membantu... jangan takut ngurus surat sendiri ya! :)

by ms_bep, posted on Oct, 13 (21:45)

DISCUSSION CITIES
Forum JAKARTA+
Forum BANDUNG+
Forum SURABAYA+
Forum BALI+
Forum UMUM
Forum SEMARANG+